Sebagai seorang pedagang atau pengusaha, Anda tahu bahwa sehebat apapun pengelolaan bisnis Anda, bisnis Anda tidak akan bertahan tanpa ada penjualan. Bagaimana Anda atau tim penjualan Anda bisa menjual apa saja kepada siapa saja?

Saya memulai dengan sebuah kisah nyata.

Joe Girard lahir pada 1 November 1928 di Detroit, Michigan, Amerika Serikat. Ia tumbuh di tengah keluarga miskin selama masa Depresi Besar. Ayahnya adalah seorang imigran Sisilia yang bekerja serabutan, dan sering melakukan kekerasan terhadap Joe kecil.

Joe Girard
Image source: automotivehalloffame.org

Perjalanan Hidup Joe Girard

Pada usia 6 tahun, Joe mulai menjual bunga gading di pemakaman untuk membantu keluarganya. Di usia 9 tahun, ia sudah bekerja sebagai tukang semir sepatu. Meski demikian, Joe tetap bersekolah dan lulus dari Southwestern High School di Detroit pada tahun 1946.

Setelah lulus, Joe mencoba berbagai pekerjaan, dari menjadi tukang pos, montir mobil, hingga bekerja di sebuah pekerjaan konstruksi.

Titik balik dalam hidupnya terjadi pada tahun 1963 ketika ia, di usia 35 tahun, dan sebagai seorang ayah dari dua anak, harus menganggur karena perusahaan tempatnya bekerja bangkrut, dan dia terlilit hutang yang sangat besar.

Joe tahu ia harus segera menemukan pekerjaan baru. Dengan pengalamannya di bidang konstruksi, ia mencoba melamar ke berbagai perusahaan, namun selalu ditolak. Ia bahkan mencoba peruntungan di pabrik mobil Ford, namun hasilnya nihil. Putus asa mulai menggerogoti semangatnya.

Suatu hari, saat sedang berjalan-jalan di pusat kota Detroit, Joe melihat sebuah dealer Chevrolet yang ramai dikunjungi pelanggan. Sebuah ide muncul di benaknya. Ia selalu tertarik dengan mobil, dan memiliki kemampuan berbicara yang baik. Mungkin ia bisa mencoba peruntungan sebagai penjual mobil.

Joe mulai mendatangi satu per satu dealer mobil di Detroit, namun selalu mendapat penolakan. Ia ditolak oleh puluhan dealer. Beberapa manajer bahkan menertawakannya karena penampilannya yang lusuh dan kurang meyakinkan.

Namun, Joe tidak menyerah. Ia yakin bahwa suatu saat nanti akan ada yang memberinya kesempatan. Ia terus berusaha agar usahanya menjadi kenyataan.

Pada suatu pagi yang dingin di bulan Februari, Joe memutuskan untuk mencoba peruntungannya di Merollis Chevrolet, sebuah dealer yang terletak di pinggiran kota Detroit. Dengan sisa uang yang dimilikinya, ia membeli sebuah jas bekas di toko barang loak, dan pergi ke dealer tersebut.

Manajer penjualan, Jim Delaney, awalnya ragu untuk mempekerjakan Joe karena pengalamannya yang minim. Namun, Joe berjanji akan menjadi penjual mobil terbaik jika diberi kesempatan.

Hari pertamanya bekerja, Joe berhasil menjual mobil kepada pasangan yang datang ke dealer. Ini menjadi awal dari karir penjualan yang luar biasa. Dalam waktu 3 bulan, Joe menjadi penjual nomor satu di dealership tersebut.

Dari tahun 1963 hingga 1977, Joe Girard memecahkan rekor demi rekor penjualan. Puncaknya, ia menjual 1.425 mobil dalam satu tahun, sebuah rekor yang tercatat dalam Guinness Book of World Records sebagai penjualan ritel terbanyak oleh seorang salesman.

Salah satu “teknik” yang digunakan oleh Joe adalah, pada setiap bulan, ia mengirimkan kartu pos kepada setiap pelanggan dan prospek, dengan pesan sederhana yang disesuaikan dengan musim atau peristiwa tertentu. Misalnya, pada bulan November, kartunya bertuliskan “Saya suka Anda” dengan gambar kalkun Thanksgiving.

Setelah pensiun dari penjualan mobil pada tahun 1977, Joe Girard menjadi penulis dan pembicara motivasi. Ia menulis beberapa buku bestseller, termasuk “How to Sell Anything to Anybody” (1977) dan “How to Close Every Sale” (1989).

How to Sell Anything to Anybody
Image source: Rap Pascual

Pelajaran dari Joe Girard: Bagaimana Anda Bisa Menjual Apa Saja kepada Siapa Saja

Poin-poin penting yang bisa kita pelajari dari kisah Joe Girard:

1. Jangan Takut Dengan Penolakan

Joe pernah bilang, “Kamu gak bakal mati kalo ditolak.” Benar sekali! Kalau Anda mau jualan, ya siap-siap saja ditolak. Tapi ingat, setiap ‘TIDAK’ akan membuat Anda semakin dekat dengan ‘YA’. Anggap saja penolakan itu seperti latihan angkat beban buat otot penjualan Anda.

2. Kenali Pelanggan Anda Sebaik-baiknya

Joe punya ingatan super kuat. Dia ingat nama, wajah, dan detail pribadi semua pelanggannya. Nah, Anda mungkin tidak perlu punya ingatan sekuat Joe. Cukup catat detail penting tentang pelanggan Anda. Siapa tahu suatu hari nanti berguna!

3. Jalin Hubungan, Bukan Cuma Transaksi

Joe punya trik jitu. Dia kirim kartu pos tiap bulan ke semua pelanggan dan calon pelanggan. Isinya bukan promosi, tapi pesan sederhana seperti, “Aku suka kamu”. Simpel tapi ampuh! Intinya, membuat pelanggan merasa spesial.

4. Jujur Itu Kunci

Joe selalu bilang, “Orang bakal beli dari orang yang mereka percaya dan suka.” Jadi, jangan bohong atau menipu pelanggan. Kejujuran itu modal utama buat sukses jangka panjang.

5. Janji Harus Ditepati

Waktu pertama kali kerja di dealer mobil, Joe berjanji bakal jadi penjual terbaik. Dan benar, dia buktikan janjinya! Jadi, kalau Anda janji sesuatu ke pelanggan, ya harus ditepati. Kepercayaan itu modal penting dalam bisnis.

6. Jangan Lupa, Kita Semua Manusia

Joe suka bilang, “Orang gak beli mobil, mereka beli kamu.” Maksudnya, pelanggan bukan cuma beli produk, tapi juga ‘beli’ kepribadian dan sikap kamu. Jadi, jadilah diri sendiri yang ramah dan tulus.

7. Belajar Terus, Jangan Berhenti

Setelah pensiun dari jualan mobil, Joe malah jadi penulis dan pembicara motivasi. Dia terus belajar dan berbagi ilmu. Intinya, jangan pernah merasa sudah tahu segalanya. Dunia terus berubah, kita juga harus terus belajar.

8. Latar Belakang? Tidak Penting!

Joe tumbuh miskin, tapi dia tidak menjadikan itu alasan buat menyerah. Malah jadi bahan bakar untuk sukses. Jadi, apapun latar belakang Anda, jangan dijadikan excuse. Jadikan itu sebagai motivasi untuk lebih hebat!

Takeaway

Joe Girard memulai dari nol, bahkan minus. Tapi akhirnya dia jadi legenda penjualan yang namanya dikenal di seluruh dunia.

Joe Girard World Greatest Salesman

Jangan pernah berpikir “Ah, itu kan Joe Girard. Saya mah siapa?” Anda juga bisa jadi seperti Joe, bahkan lebih hebat!

Mulai dari hal kecil. Latih kemampuan komunikasi Anda, bangun relasi yang tulus, dan yang penting, bangun percaya diri Anda.

Setiap orang yang Anda temui adalah kesempatan. Kesempatan untuk belajar, untuk berbagi, dan ya, untuk menjual. Tapi ingat, jualan bukan cuma soal transaksi, tapi soal memberikan nilai. Buat orang merasa spesial, seperti yang Joe lakukan.

Joe Girard menunjukkan bahwa menjual bukan hanya tentang produk, tetapi juga tentang hubungan dan kepercayaan. Dengan mengenal pelanggan, konsistensi, layanan terbaik, kepercayaan, inovasi, dan kerja keras, Anda bisa menjual apa saja kepada siapa saja!


3 Kunci Miliarder Sukses Download

Konten iklan ini dipilihkan oleh Google sesuai kebiasaan Anda akses informasi
0 Shares:
You May Also Like
Bagaimana Cara Mendapatkan Mentor?
Read More

Bagaimana Cara Mendapatkan Mentor?

Sebanyak 76% profesional yang bekerja, percaya bahwa seorang mentor penting untuk pertumbuhan, tetapi ternyata, lebih dari 54% tidak memiliki hubungan dengan mentor. Penelitian dengan jelas mengungkapkan, bahwa orang-orang yang punya mentor, memiliki kinerja yang lebih baik, kemajuan dalam karir mereka lebih cepat, dan bahkan mengalami lebih banyak kepuasan dalam kehidupan pekerjaannya. Tetapi, seringkali banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara mendapatkan mentor, atau cara menjalin hubungan dengan mentor.
Read More